Kipas Angin Dinding Tidak Bisa Tengok Kanan Kiri?

Sudah terlampau lama saya tidak menulis lagi blog kesayangan ini. Maklum, banyak kucing-kucing yang harus disapa di dunia nyata. Hehehe. Baiklah, to the business.

Beberapa hari sebelum tulisan ini saya buat, kantor tempat saya nyopir ketiban masalah. Kipas angin dinding yang biasanya bisa tengak-tengok kanan-kiri tiba-tiba berbunyi “tak-tak-tak..” dan tak mau tengok kanan-kiri lagi. Kipas angin ini merk Maspion, usianya mungkin sekitar 2 atau 3 tahun. Sudah mulai aktif ya, Bund.

Gambar kipas angin dinding maspion.
Beginilah Kipas Angin Dinding yang bertengger di tembok. Merk Maspion, sudah agak tua.

Beberapa kali saya membongkar bagian belakang kipas angin itu. Saya oleskan grease (gemuk) pada poros-poros gir. Tapi tetap saja dia tidak bisa tengok kanan kiri. Setelah melewati peristiwa bongkar-perbaiki-pasang berkali-kali, ternyata saya menemukan akar masalahnya: gir tidak lurus (misaligned gear). Untuk mengatasi masalah ini sebenarnya tidak perlu membuka casing belakang. Cukup dengan menarik tuas belakang ke arah atas sesuai tanda panah merah di gambar bawah ini.

Gambar gir pengatur gerakan tengok kanan kiri kipas angin dinding. Gir ini tidak lurus sehingga kipas tidak bisa bergerak kanan-kiri.
Gir yang ditunjukkan panah merah seharusnya posisinya agak ke atas. Dorong saja ke atas sampai lurus kembali.
Gambar posisi gir pengatur gerak kanan-kiri kipas angin dinding. Gir ini sudah lurus sehingga kipas bisa bergerak kanan-kiri lagi.
Gir yang lurus sesuai panah hijau & biru membuat gaya putar dari poros terdistribusi dengan baik. Tidak lagi selip.

Hanya dengan meluruskan posisi, ternyata peristiwa selipnya gigi gir sudah bisa teratasi. Bunyi “tak! tak! tak!” yang disebabkan selipnya gigi gir tidak lagi muncul karena gir kanan & kiri sudah saling “menggigit” dengan baik. Bagi yang ingin tengok rekaman singkat perbaikan ini, bisa dilihat di link youtube bawah ini.

Video singkat cara memperbaiki kipas angin dinding yang tidak bisa tengak-tengok kanan-kiri

Menarik sekali, bahwa hal sederhana sering kali bisa menyelesaikan masalah. Bukan gir aus, hanya gir salah posisi.

Gembala kucing

Yuk, ah! Samal meong. Eh, salam meong!

Tinggalkan komentar